RESENSI BUKU 5: KESEHATAN DAN GIZI ANAK USIA DINI

POSTING.1WHO “ Health is state of complete physical, mental and social well-being and not merely the absence of disease or infirmity”. Kesehatan bukanlah hanya sehat secara fisik, mental dan sosial dan bukan semata-mata terbebas dari penyakit atau kecacatan. Itulah sebagian kutipan dari buku yang berjudul “Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini “ yang ditulis oleh Sudarsini dan Pramono. Buku ini hadir sebagai salah satu referensi mahasiswa dalam perkuliahan khususnya mata kuliah kesehatan dan gizi anak usia dini. Dalam lingkup lebih luas buku ini dapat menjadi referensi pendidik maupun orang tua anak usia dini dalam menilai/melakukan deteksi dini mengenai pertumbuhan anak  dan memberikan solusi bagi anak yang mengalami malnutrisi.

Keluasan dan kedalaman isi buku ini tercermin dalam 9 bagian yang utuh dan saling berkaitan. Kesembilan bagian buku ini memiliki kajian teoritik dan dikemas menjadi bahan ajar yang siap digunakan oleh dosen dan mahasiswa baik secara peroerangan maupun secara berkelompok. Sebagai bahan ajar tentu buku ini memiliki alur yang memungkinkan pembacanya melakukan kajian dan penelusuran informasi yang dapat memperkaya pemahaman pembaca.

Kajian mengenai hakikat kesehatan dan gizi pada anak usia dini meliputi hal-hal yang mendasari tentang esensi kesehatan bagi anak, fenomena kecukupan gizi sebagai daya dukung tumbuh kembang, dampak buruk yang menyertai kondisi kurang gizi pada anak, peran aktif yang diperlukan oleh guru sebagai mitra orang tua dalam meningkatkan kesehatan anak dikaji secara intensif di bab yang pertama. Pada bab kedua, kajian difokuskan pada materi tentang konsep sehat yang meliputi a) konsep sehat; b) pengertian sehat menurut studi epideminologi; c) perbedaan perilaku sehat, perilaku sakit; d) faktor resiko yang berpengaruh pada kesehatan anak; e) determinan kesehatan yang berasal dari lingkungan sekitar anak; dan f) determinan kesehatan yang berasal dari lingkungan keluarga. Pada bab ketiga, Anda diajak untuk mendalami materi tentang konsep gizi yang meliputi konsep gizi berdasarkan etimologi, peranan ilmu gizi dalam kehidupan, fungsi makanan dalam kehidupan manusia, macam-macam zat gizi tiap orang, dan klasifikasi zat gizi menurut fungsinya. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi orang tua dan pengasuh anak, sehingga kondisi asupan gizi anak terjamin. Pada bab keempat, kajian terfokus pada konsep gizi yang meliputi sumber-sumber zat gizi yang mencakup kategori 4 sehat 5 sempurna. Penjabaran lebih luas pada kandungan gizi yang terdapat pada asupan makanan sehari-hari. Pada bab kelima, Anda diajak untuk memahami macam-macam zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, karakteristik dan fungsi karbohidrat, karakteristik dan fungsi protein,  karakteristik fungsi lemak, karakteristik dan fungsi vitamin, karakteristik dan fungsi meineral, serta karaktersitik dan fungsi air. Pada bab keenam,   pembahasan terfokus pada konsep tumbuh kembang anak yang meliputi pertumbuhan fisik pada anak balita yang normal, konsep pertumbuhan dan perkembangan, dan indikator pertumbuhan fisik anak balita. Bagian ketujuh dari buku ini Anda akan diajak utuk memahami konsep penilaian dan pertumbuhan fisik anak, mengkaji baku patokan interprestasi hasil pemeriksaan, cara klasifikasi penilaian pertumbuhan fisik dan memahami kartu menuju sehat. Pada bab kedelapan, pembaca diajak untuk membahas karakteristik anak yang mengalami malnutrisi yang meliputi  anak penderita defisiensi vitamin A, penanganan anak penderita defisiensi vitamin A,  anak kurang kalori protein (KKP), penanganan anak kurang kalori protein (KKP),  anak yang mengalami defisiensi zat besi, penanganan anak penderita defisiensi zat besi,  anak penderita defisiensi iodium, penanganan anak penderita defisiensi iodium, dan anak yang mengalami obesitas dan penanganan anak obesitas. Di bab terakhir, Anda diajak untuk membahas tata cara pemberian makanan tambahan yang meliputi pengaturan pola makanan pada anak usia dini, karakteristik makanan pada anak usia dini sebelum usia 3 tahun dan sesudah 3 tahun, faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pemberian makanan pada anakusia dini, dan variasi makanan yang diperlukan untuk mencukupi kalori tubuh.

Banyak buku yang beredar tentang kesehatan dan gizi anak, buku ini penulis rekomendasikan bagi pembaca yang peduli terhadap kesehatan dan gizi anak usia dini. Buku yang dikemas setebal 167 halaman, menyajikan kajian teori didukung dengan gambar terkait meskipun gambar-gambar yang disajikan dalam buku ini masih kurang tajam dan hanya berwarna hitam putih tetapi dapat memudahkan pembaca untuk memperjelas kajian teori. Penasaran dengan isi yang lebih lengkap dari buku ini, Anda dapat menghubungi Enterpreneurship Zone PG PAUD di kampus PP 2  Universitas Negeri Malang, Jln. Ki Ageng Gribig 45 Sawojajar Malang. Segera dapatkan dan Selamat Membaca. Sehat untuk kita dan anak usia dini. Be smart with ECE. (Leni).

author
No Response

Leave a reply "RESENSI BUKU 5: KESEHATAN DAN GIZI ANAK USIA DINI"