RESENSI BUKU 4: PENGETAHUAN KOREOGRAFI UNTUK ANAK USIA DINI

JpegAnda mau membuat tarian untuk anak usia dini dan membimbing anak melakukan ekspresi diri melalui kegiatan menari? Mungkin buku Pengetahuan Koreografi untuk Anak Usia Dini ini adalah jawabannya. Sebagaimana yang ditulis oleh Retno Triwulandari (penulis buku ini), Anda akan diajak untuk mengembangkan kemampuan dalam berpikir secara konseptual dan teoritis sebagai dasar memunculkan ide kreatif dalam berkarya seni tari khususnya membuat koreografi untuk anak usia dini.

Sebagai salah satu cabang seni, tari menggunakan media utamanya tubuh sebagai alat untuk bergerak. Gerak dalam tari dibedakan menjadi 2 jenis yaitu gerak murni dan gerak maknawi. Demikian pula berdasarkan bentuk geraknya, tari dibedakan menjadi 2 yaitu tari representasional dan tari non-representasional. Jenis manakah yang relevan diberikan untuk anak usia dini?, serta bagaimana mengembangkan tari yang relevan untuk anak usia dini?

Untuk mendukung hal tersebut, Anda akan diajak untuk mengkaji konsep-konsep yang terkait dan nantinya memberikan skemata yang kuat bila Anda memilih untuk menjadi koreografer untuk anak usia dini. Cakupan materi yang disajikan dalam buku ini cukup representatif, meliputi 8 bagian, yaitu: (1) Pengetahuan Dasar Seni Tari; (2) Koreografi Anak Usia Dini; (3) Elemen Dasar Komposisi Koreografi; (4) Tata Rias dalam Koreografi Anak Usia Dini; (5) Tata Busana dalam Koreografi Anak Usia Dini; (6) Properti dalam Koreografi Anak Usia Dini; (7) Penulisan Naskah Tari dan (8) Pembelajaran Tari untuk PAUD.

Walaupun buku ini hanya setebal 126 halaman, sangat representatif untuk memberikan hal yang bersifat konseptual dan praktis bagi Anda yang berminat mengembangkan bakat di bidang koreografi khususnya untuk anak usia dini. Hal ini  karena sajian materinya diulas dengan bahasa yang sederhana dan praktis, serta dilengkapi dengan gambar dan contoh-contoh yang sangat mudah dipahami. Cuma sayangnya, gambar-gambar yang disajikan dalam buku ini masih kurang tajam dan hanya berwarna hitam putih, sehingga untuk konteks kajian tata rias, tata busana dan contoh properti masih belum sempurna. Sebagai pendidik anak usia dini, diyakini telah memiliki pengetahuan awal tentang karakteristik anak usia dini, sehingga imajinasi Anda akan sangat mendukung manakala Anda mengembangkan koreografi untuk anak usia dini.

Rasa ingin tahu adalah ciri  orang-orang yang kreatif. Jika Anda adalah kreator di bidang koreografi untuk anak usia dini, tentunya Anda akan memiliki rasa penasaran untuk membaca buku ini. Untuk mendapatkan buku ini, Anda dapat menghubungi Enterpreneurship Zone PGPAUD di kampus PP 2  Universitas Negeri Malang, Jln. Ki Ageng Gribig 45 Sawojajar Malang. Selamat berkreasi dan berkarya untuk anak usia dini. Be smart with ECE. (kalab ksdp)

author
215 Responses

Comments are closed.