Evania Yafie, M.Pd dan Yudha Alfian Haqqi, S.Pd
Universitas Negeri Malang
Abstrak
Konsepsi yang salah tentang pemanfaatan dan pengintegrsian ICT dalam pembelajaran yang baik dan benar sesuai dengan karakteristik perkembangan anak usia dini, masih dimiliki oleh sejumlah guru, mahasiswa PAUD, dan orang tua. Mereka belum memahami dengan benar bagaimana mengintegrsikan ICT dalam kurikulum dan menganggap TIK hanya sebagai materi pembelajaran belaka. Bahkan orang tua siswa menyebutkan bahwa ICT/TIK hanya akan memberikan dampak negatif pada anak apabila diberikan. padahal ICT menyimpan banyak potensi dalam upaya memaksimalkan perkembangan anak. Permasalahan dan potensi yang ada tersebut mendorong untuk menyajikan strategi yang tepat sesuai dengan kajian ilmiah dan referensi yang valid dan kredibel yang bersumber dari jurnal-jurnal penelitian. pembahasan dalam artikel ini akan memuat tiga pokok bahwan utama yaitu posisi ICT Dalam pembelajaran anak usia dini, manfaat ICT bagi anak usia dini, dan strategi mengintegrasikan ICT pada pembelajaran anak usia dini.
Kata Kunci : ICT (Information Communication And Technology), Strategi Pembelajaran, Anak Usia Dini