PROSIDING UNESA 2016 : PEMETAAN TINGKAT PENCAPAIAN STANDART TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA) BERKUALITAS DI INDONESIA

Evania Yafie

Dosen PG PAUD Universitas Negeri Malang

rosevonia@yahoo.com

 

Abstrak

 

Pertumbuhan dan perkembangan anak pada usia dini bahkan sejak dalam kandungan sangat menentukan kualitas kesehatan, kecerdasan, dan kematangan emosional manusia pada tahap berikutnya. Dengan demikian investasi pengembangan anak usia dini merupakan investasi yang sangat penting bagi sumber daya manusia yang berkualitas. Penyelenggaraan PAUD khususnya TPA tidk terlepas dari anak usia 0-6. Taman Penitipan Anak memiliki dasar hukum yang kuat untuk diadakan dan dilaksanakan.demi kepentingan pendidikan serta perlindungan terhadap anak. Pemerintah telah menetapkan standart TPA berkualitas sebagai acuan penyelenggaraan TPA di Indonesia. Standart tersebut terdiri dari Kriteria terdapat 10 standart yaitu: 1) Kurikulum, 2) Peserta didik, 3) Tenaga Pendidik dan Kependidikan, 4) Sarana dan Prasarana, 5) Alat Permainan Edukatif (APE), 6) Pengelolaan, 7) Layanan Kesehatan dan Gizi, 8) Program Orangtua, 9) Pembiayaan, 10) Kemitraan.

Hasil dari penelitian ini adalah pencapaian yang memenuhi Standart TPA Berkualitas di Indonesia meliputi 1) Kurikulum, 2) Peserta didik, 3) Tenaga Pendidik dan Kependidikan, 4) Sarana dan Prasarana, 5) Alat Permainan Edukatif (APE), 6) pembiayaan belum berjalan dengan maksimal karena beberapa faktor seperti kualitas SDM yang masih rendah dan anggaran. Sedangkan pada aspek. 7) Pengelolaan, 8) Layanan Kesehatan dan Gizi, 9) Program Orangtua, dam 10) Kemitraan sudah berjalan cukup baik walupun masih terdapat beberapa kendala.

 

Kata Kunci : Pemetaan, standart TPA, Berkualitas

Full teks : Pdf Download

author
No Response

Comments are closed.