Evania Yafie

Dosen PGPAUD Universitas Negeri Malang

rosevonia@yahoo.com

 

Abstrak: Persaingan antar lembaga pendidikan semakin ketat sehingga membutuhkan perhatian serius jika mereka ingin bertahan, bersaing, dan unggul. Mudahnya perijinan untuk pendirian lembaga pendidikan baru menjadikan pemilik modal berlomba dalam sektor ini. Lembaga pendidikan yang berhasil tumbuh dengan baik saat ini adalah pada lembaga pendidikan anak usia dini. Persaingan tidak lagi menyangkut efisiensi penyelenggaraan pendidikan, namun secara terstruktur telah menjadi common sense jika lembaga pendidikan yang dipilih adalah yang memiliki keunggulan pada hampir semua aspek (input, proses, dan output). Tujuan dari strategi pengembangan lembaga PAUD berdaya saing adalah untuk menghasilkan keunggulan kompetitif pada lembaga PAUD, meningkatkan loyalitas masyarakat sebagai pelanggan (customer) lembaga PAUD, untuk menghasilkan lembaga PAUD Islam yang dapat mengungguli pesaingnya dengan menjunjung tinggi etika serta nilai-nilai. Implementasi Strategi lembaga PAUD Yang Bermutu Dan Berdaya Saing yaitu; Menganalisis mengetahui pangsa pasar, strategi differensiasi, strategi diversifikasi, mengelola inovasi, mengelola kultur organisasi, mengelola perubahan, dan melakukan analisis strategi SWOT di dalam lembaga pendidikan PAUD. Marak tumbuhnya lembaga pendidikan harus disikapi sebagai upaya peningkatan kualitas melalui persaingan profesional.

 

Kata Kunci: Strategi PAUD, PAUD Unggul, Berdaya Saing