PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL MELALUI PEMBELAJARAN APRESIASI SENI TARI DI SEKOLAH DASAR

PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL MELALUI PEMBELAJARAN APRESIASI SENI TARI DI SEKOLAH DASAR

Oleh:

Retno Tri Wulandari

A.    Pendahuluan

Pengajaran di sekolah dasar saat ini lebih menuntut siswa untuk dipersiapkan menjadi masyarakat pemikir yang lebih mengarah kepada pengembangan kecerdasan intelektual, sehingga lebih memprioritaskan mata pelajaran yang diujikan secara nasional, yaitu lebih mengutamakan materi berhitung, bahasa, ilmu pengetahuan alam dan sosial. Dampaknya kecerdasan intelektual menjadi utama dibandingkan keluhuran budi dan kepekaan rasa, sehingga bidang kecerdasan emosional dan spiritual kurang mendapatkan perhatian dan kurang didorong untuk berkembang. Padahal kecerdasan emosional dan spiritual sangat dibutuhkan untuk menyesuaikan diri terhadap perubahan dan perkembangan lingkungan sekitar di era globalisasi saat ini.

Pendidikan tidak hanya bertujuan mencetak anak yang sehat, cerdas dan kritis, tetapi juga harus bermoral, berakhlaq, berbudi pekerti luhur, mandiri dan kreatif. Untuk itu dibutuhkan pendidikan seni yang dapat memberikan pengalaman berkesenian kepada siswa dalam rangka membantu mengembangkan semua kecerdasan yang dimilikinya, terutama kecerdasan emosional spiritual yang seimbang dengan kecerdasan intelektual sehingga membentuk manusia yang utuh sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL MELALUI PENDIDIKAN APRESIASI SENI TARI DI SEKOLAH DASAR

author
No Response

Leave a reply "PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL MELALUI PEMBELAJARAN APRESIASI SENI TARI DI SEKOLAH DASAR"