Pelatihan Pembukuan Keuangan untuk Pengelola Lembaga PAUD di Kota Batu

Pada Bulan September tepatnya pada tanggal 13,14,28 dan 29 September 2019 para dosen jurusan PGPAUD UM mengadakan pelatihan pembukuan guru untuk pengelola Lembaga PAUD. Pelatihan ini merupakan program kerjasama mitra dengan IGTKI Kota Batu. Kegiatan tersebut dilatarbelakangi oleh banyaknya keluhan yang terdengar mengenai pengelolaan pembukuan keuangan lembaga. Pada kenyataanya, pengelolaan buku keuangan lembaga begitu penting mengingat kurangnya pemahaman pengelola lembaga PAUD untuk melakukan administrasi pembukuan keuangan dan menghasilkan laporan keuangan yang akuntabel menjadi hambatan lain dalam mewujudkan standar pengelolaan PAUD yang sesuai dengan standar Pembiayaan Pendidikan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini melibatkan peserta pelatihan yang terdiri dari pengelola PAUD se-Kota Batu yang mencakup lembaga (TK, KB, TPA, dan SPS) di Kota Batu yang berjumlah 35 peserta.  Pelatihan bertempat di Ling Homestay Kota Malang Jln. TVRI, Ora-oro Ombo.

Nur Anisa, S.Pd, M.Pd

Pelatihan dilakasanakan dengan tujuan meningkatkan kompetensi pengelolaan Lembaga PAUD dalam melakukan pembukuan keuangan. Pemilihan metode yang digunakan saat acara yaitu metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi ringan membuat hubungan peserta dengan pemateri jauh lebih dekat. Kedekatan yang diupayakan dibangun untuk memberikan kesan kepada peserta acara agar tidak segan mengajukan pertanyaan. Selain itu, kegiatan yang lainnya yaitu pelatihan mengenai materi ragam buku administrasi yang diperlukan dalam pembukuan keuangan.  Selanjutnya, ada pula kegiatan demonstrasi cara- cara mengisi buku keuangan, pemberian tugas latihan dan pendampingan proses melaksanakan pembukuan keuangan dalam ragam buku administrasi PAUD dan Monitoring dan evaluasi pasca pelatihan dilakukan kepada pengelola Lembaga PAUD yang telah mengikuti pelatihan. Untuk menilai efektivitas dari pelatihan yang telah dilaksanakan, pelaksana menggunakan hasil penugasan dan angket melalui online collborationtools (Kahoot) sehingga pelatihan menjadi semakin menyenangkan.

Materi yang diberikan seputar pengelolaan pumbukuan seperti konsep dasar pembukuan keuangan lembaga PAUD, urgensi pembukuan keuangan lembaga, pengisian buku administrasi (RAPBS, buku kas umum, buku khusus, pemasukan dan pengeluaran, buku honor gaji, dan buku inventariss).  Disampaikan oleh  tim pelaksanaan yakni Nur Anisa, S.Pd, M.Pd, Rizka Furqorina, S.Pd, M.Pd, Leny Gonadi, S.Pd, M.Pd, Retno Tri Wulandari, S.Pd, M.Pd.

Dari kegiatan keseluruhan yang dilaksanakan selama 4 hari mendapatkan kesimpulan positif. Pelaksanaan pelatihan menghasilkan sisi positif, baik yang bersifat fisik maupun non fisik menunjukkan adanya perubahan kondisi mengenai pemahaman, keterampilan, maupun sikap yang tampak pada peserta pelatihan. Kegiatan pengabdian kepada masayarakat dianggap berhasil karena pada akhir kegiatan sebanyak 82% peserta pelatihan telah memiliki pemahaman dan keterampilan tentang proses pelaksanaan pembukuan keuangan lembaga pendidikan anak usia dini. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini baru menghasilkan beberapa contoh jenis pembukuan yang ada di PAUD,yaitu: RAPBS, Buku Kas, Buku Inventaris, dll, oleh karena itu perlu ditindaklanjuti untuk melatih keterampilan jenis pembukuan rencana keuangan jangka panjang. Bagi Pengurus IGTKI Batu dan Guru-guru PAUD se-Kota batu yang telah mengikuti pelatihan diharapkan dapat menyebarluaskan pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki kepada guru-guru lain di sekitar tempat tugasnya.

Penulis : Nur Anisa, S.Pd, M.Pd

 

author
No Response

Comments are closed.