JURNAL WAHANA : KEMAMPUAN GURU KELAS MENERAPKAN PRAKTEK SENI DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DI SEKOLAH DASAR SE KECAMATAN KLOJEN KOTA MALANG

I Made Seken,

Retno Tri Wulandari,

M Thoha AR

Jurusan KSDP FIP UM, Jalan Semarang 5 Malang

email:madeseken@yahoo.com

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru kelas menerapkan praktek Seni dalam mata pelajaran Seni budaya dan ketrampilan di SD (2) mendeskripsikan penerapan kegiatan praktek yg dilakukan guru kls apakah sudah sesuai dengan karakteristik seni yang diajarkan (3)mendeskripsikan kegiatan SBK yang menjadi ciri khas sekolah. Metode penelitian menggunakan deskritif analitis. Pengolahan data deskriptif menggunakan persentase, dengan sampel teknik gradasi yaitu SD dalam kota, tengah kota dan pinggiran kota. Subyek penelitian 30 sekolah, dan sampel yang digunakan terdiri dari 9 SD Negeri dan 6 SD Swasta. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar sekolah baik SD dalam kota, tengah kota dan pinggir kota semuanya mengajarkan materi SBK, dengan persentase praktek pembelajaran seni rupa menunjukkan sebagian besar (96.78%) mengajarkan seni rupa, ( 25.81%) mengajarkan seni musik dan seni tari (20.00%). Dalam praktek seni rupa,menggambar ( 57.14%) mengajarkan praktek bernyanyi (35.71%) dan mengajarkan praktek seni tari ( 14.29%) mempraktekkan seni silat dan samroh (7.14%). Hasil penelitian praktek seni sebagai ciri sekolah meliputi; (57.14%) memilih seni rupa (35.71%) seni musik (14.29%) seni tari pencak silat dan samroh ( 7.14%).

 

Kata Kunci: Praktek Berkarya Seni SBK

KEMAMPUAN GURU KELAS MENERAPKAN PRAKTEK SENI DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DI SEKOLAH DASAR   SE KECAMATAN KLOJEN KOTA MALANG (PDF)

author
No Response

Leave a reply "JURNAL WAHANA : KEMAMPUAN GURU KELAS MENERAPKAN PRAKTEK SENI DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DI SEKOLAH DASAR SE KECAMATAN KLOJEN KOTA MALANG"