Wuri Astuti, S.Pd, M.Pd

“Menjadi Manusia yang Bermanfaat”

Wuri Astuti, Lahir di Jakarta pada tanggal 24 Mei 1983 yang silam. Memiliki motto Hidup “Menjadi Manusia yang Bermanfaat”. Pendidikan S1 ditempuh di Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada tahun 2001. Lalu melanjutkan Pendidikan di jenjang S2 pada jurusan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Universitas Negeri Surabaya (UNESA) tahun 2013. Pernah bekerja sebagai tutor Perpustakaan Keliling “MOBIL PINTAR” milik Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) dan menjadi guru Kelompok Bermain (KB) Aisyiah Bustanul Athfal 61 Pejaten Timur Ps.Minggu Jakarta Selatan. Bergabung sebagai dosen di Program Studi S1 PGPAUD FIP Universitas Negeri Malang pada tahun 2008. Memiliki focus Pendidikan pengajaran, penelitian dan pengabdian Masyarakat di bidang kurikulum dan pembelajaran anak usia dini, pengembangan bahasa anak usia dini, serta parenting. Saat ini sedang focus mendalami kajian pembelajaran dan literasi anak usia dini. Karya buku yang pernah ditulis adalah tentang: (1) Pembelajaran Tematik anak usia dini (2013), (2) Kajian Pengembangan Kognitif dan Kreativitas anak usia dini (2016), (3) Perencanaan Pembelajaran PAUD (2018), (4) Bagaimana mengembangkan HOTS anak usia dini (2019), Open Ended Play dan Kompetensi Abad 21 dalam Perspektif Pendidikan Anak Usia Dini (2021), e-Modul Strategi Pembelajaran (2022), serta bahan Ajar Literasi dan Numerasi berbasis Masalah dan Proyek (2022). Beberapa artikel yang ditulis antara lain: (1) Model Keterlibatan Orangtua Dalam Optimalisasi Program Stimulasi Motorik Kasar (2017), (2) Development of Active Learning-Oriented Textbook of Early Childhood Education Lesson Plan SubjectImproving (2018), (3) Questioning Skill through Application of the Scientific Approach to Children 3-4 Years Old (2018), (4) Developing Learning Models To Increase Higher Order Thinking Skills In Early Childhood (2019), (5)Pengembangan Aktivitas Bermain Pemicu Kecakapan Berpikir Tingkat Tinggi Anak Bagi Guru TK Kecamatan Klojen Kota Malang (2020), (6) Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Berbahan Limbah Rumah Tangga Bagi Pendidik PAUD Terintegrasi Posyandu (2020), (7) Pengembangan E-Modul Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Sebagai Sumber Belajar Digital (2021), (8) Pengembangan Stimulasi Motorik Kasar sebagai Metode Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Bagi Guru-Guru di TPA/KB (2021), (9) Pengembangan E-Modul “Bagaimana Merancang dan Melaksanakan Pembelajaran Untuk Memicu HOTS Anak Usia Dini Melalui Open Ended Play” Berbasis Ncesoft Flip Book Maker (2021), (10) Pengembangan Aktivitas Bermain Pemicu Kecakapan Berpikir Tingkat Tinggi Anak Bagi Guru TK Kecamatan Klojen Kota Malang (2021), (11) Pengembangan Konten Sistem Pengelolaan Pembelajaran (Sipejar) Matakuliah Desain Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Case Method & Team Based Project (2023), (12) Game-Based Hots Learning in Kindergarten (2023), (13)Teacher-Perceived Ubiquitous Learning Environment for Peer-to-Peer Collaborative Learning to Student Achievement (2023). Selengkapnya dapat dilihat pada laman google scholar:  ‪Wuri Astuti – ‪Google Scholar

Wuri Astuti aktif dalam berbagai penelitian di bidang pendidikan dasar dan prasekolah, khususnya dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran anak usia dini, pengembangan bahasa anak usia dini, dan parenting. Berbagai riset dan publikasi telah dilakukan terkait dengan bidang tersebut. Selengkapnya dapat dibaca di akun Google Schoolar pada laman ‪Wuri Astuti – ‪Google Scholar

Sejak awal menjadi dosen di PGPAUD FIP Universitas Negeri Malang telah dipercaya untuk mengampu beragam matakuliah, namun beberapa tahun terakhir ini focus mengampu matakuliah :

1. Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini.

2. Perkembangan Anak.

3. Pendidikan Parenting,

4. Mendongeng untuk AUD.

5. Perencanaan Pembelajaran.

6.Tata Boga AUD.