Drs. Usep Kustiawan, M.Sn

“Tak ada yang sempurna di dunia ini, setiap saat akan bertemu masalah. Itulah yang namanya hidup

Drs. Usep Kustiawan, M.Sn adalah Lektor Kepala di Universitas Negeri Malang, Departemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Memulai perjalanan akademiknya di IKIP Bandung, ia berhasil meraih gelar S1 pada tahun 1987. Menyusul kemudian, beliau melanjutkan pendidikan di salah satu universitas teknik terkemuka di Indonesia, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB), di mana ia berhasil meraih gelar S2 pada tahun 1996.

Menempati jabatan dengan Golongan Pembina Utama Muda, IV/c, Drs. Usep Kustiawan spesialis dalam bidang Pengembangan Multiple Intelligence. Ia aktif terlibat dalam Kelompok Bidang Keahlian (KBK) dengan fokus utama pada Bidang Pengembangan Multiple Intelligence.

Dalam KBK tersebut, beliau memiliki minat khusus pada topik-topik unggulan seperti Perkembangan Logika, Matematika, dan Sains; Pengembangan Seni dan Kreativitas; Pengembangan Motorik, Kesehatan, dan Gizi; Pengembangan Bahasa; serta Pengembangan Personal. Lebih lanjut, ia juga menekuni Konten Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligences.

Melalui pendekatan dan keahliannya, Drs. Usep Kustiawan telah memberikan kontribusi signifikan dalam bidang pendidikan anak usia dini, khususnya dalam integrasi pendekatan multiple intelligences untuk mengoptimalkan potensi dan pertumbuhan anak.

Dalam kerjasama dengan kelompok bidang keahlian (KBK), Drs. Usep Kustiawan menggali berbagai topik unggulan dalam pendidikan anak usia dini, antara lain:

  1. Pengembangan Multiple Intelligence : Menggali dan menumbuhkan berbagai aspek kecerdasan anak agar dapat berkembang secara maksimal.
  2. Perkembangan Logika, Matematika, dan Sains : Menanamkan dasar-dasar ilmu pengetahuan dengan metode yang menarik bagi anak.
  3. Pengembangan Seni dan Kreativitas: Membentuk apresiasi seni sekaligus mendorong kreativitas anak.
  4. Perkembangan Motorik, Kesehatan, dan Gizi: Mengedepankan pentingnya perkembangan fisik serta kesadaran tentang kesehatan dan gizi yang baik.
  5. Pengembangan Bahasa: Meningkatkan kemampuan komunikasi anak melalui penguasaan bahasa yang baik.
  6. Pengembangan Personal: Fokus pada pembentukan karakter dan personalitas anak agar tumbuh menjadi individu yang tangguh dan mandiri.
  7. Konten Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligences: Mengintegrasikan berbagai aspek kecerdasan dalam kurikulum pembelajaran, memastikan pendekatan holistik dalam pendidikan anak.

1. Kajian Pengembangan Bermain dan Permainan AUD

2. Pendidikan Kerajinan Tangan

3. Media dan Sumber Pembelajaran AUD

4. Pendidikan Mengambar

5. Kerajinan Tangan AUD

6. Media Pembelajaran AUD

7. Pengembangan Media Cetak AUD

8. Pengembangan Seni Rupa AUD

9. Inovasi Seni AUD Terpadu

10. Pembelajaran Seni Rupa dan Kriya SD