Penggunaan teknologi digital dalam dunia pendidikan semakin intensif, termasuk dalam pengelolaan data pendidikan anak usia dini (PAUD). Dalam mendukung kesuksesan dan kelancaran tata administrasi sekolah, dibutuhkan suatu keahlian dan kemampuan yang cukup dalam bidangnya. Salah satu bentuk perkembangan dalam bidang pendidikan untuk pengelolaan administrasi adalah DAPODIK (Data Pokok Pendidikan).
Hal ini menarik perhatian salah seorang mahasiswa Departemen PAUD Universitas Negeri Malang yaitu Nurbaiti Isnani melakukan sebuah penelitian terbaru. Nurbaiti melakukan penelitian yaitu mengungkap tingkat pemahaman operator PAUD di Kecamatan Tarakan Barat terhadap aplikasi DAPODIK (Data Pokok Pendidikan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik operator PAUD memahami dan menggunakan aplikasi DAPODIK dalam menjalankan tugas administrasi mereka.
Penelitian Nurbaiti menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan menggunakan survei atau kuesioner untuk mengukur kemampuan dan pemahaman operator PAUD tentang DAPODIK. Kuesioner disebar kepada 36 PAUD yang dimana masing-masing PAUD terdapat satu operator DAPODIK. Hasil penelitian Nurbaiti telah sukses dipaparkan pada hari Senin (6/1) di Gedung D6 ruang 102 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Nurbaiti berhasil memaparkan hasil penelitiannya dengan baik dan penuh percaya diri di hadapan dosen penguji yaitu Bapak Dr. Yudithia Dian Putra, M.Pd, M.M serta di hadapan dosen pembimbing 1 dan 2 yaitu Bapak Drs. I Wayan Sutama, M.Pd dan Ibu Nur Anisa, S.Pd, M.Pd.
Hasil penelitian Nurbaiti menunjukkan bahwa “Dalam penelitian ini terlihat dari hasil kuesioner yang telah disebar menunjukkan sebanyak 14 responden (38,89%) sangat paham, 18 responden (50%) paham, dan 4 responden (11,11%) cukup paham”, jelas Nurbaiti. Dalam memaparkan hasil penelitiannya, Nurbaiti menyimpulkan bahwa operator PAUD di Kecamatan Tarakan Barat termasuk dalam kategori “Paham” terhadap penggunaan aplikasi DAPODIK. Penelitian ini memberikan gambaran penting tentang kesiapan operator PAUD dalam menghadapi era digitalisasi pendidikan.
Penelitian Nurbaiti diharapkan dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi Dinas Pendidikan setempat atau embaga-lembaga PAUD untuk meningkatkan kualitas pengelolaan data PAUD, sehingga data pendidikan anak usia dini dapat dikelola secara efektif dan efisien. Dengan demikian, proses pembelajaran dan pengembangan PAUD dapat berjalan lebih optimal. Dalam hal ini Departemen PAUD UM juga mendukung tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) ke- 4 yaitu pendidikan berkualitas.
Pewarta: FAM – Humas Departemen PAUD