Dr. Pramono, S.Pd, M.Or, dosen Departemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Universitas Negeri Malang (UM), memimpin kegiatan pengabdian masyarakat di KB-TK LAB UM dengan judul “Pengembangan Permainan Balance Bike untuk Menstimulasi Kebugaran Jasmani Anak Usia Dini.” Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan permainan yang dapat meningkatkan kebugaran jasmani anak-anak melalui aktivitas fisik yang menyenangkan dan menantang.
Penelitian ini dipimpin oleh Dr. Pramono dan didukung oleh tim peneliti yang terdiri dari Dr. dr. H Moch. Yunus, M. Kes, Dr. Lokananta Teguh Hari Wiguno, M. Kes, Rosyi Damayani Twinsari Maningtyas, M. Pd, dan Rahayu Ashari, S.Pd., M.Pd. Dua mahasiswa, Ayu Laras Titis P. dan Aryanti Hanna Pertiwi, juga terlibat dalam proyek ini. Selain itu, penelitian ini turut melibatkan peneliti dalam negeri, Dr. Drs. Marsono, M.Pd.H dari Universitas Hindu Negeri (UHN) 1 Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
Dr. Pramono menjelaskan bahwa permainan balance bike ini dirancang untuk mengembangkan kebugaran jasmani anak-anak usia dini dengan melibatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh. “Permainan ini bertujuan untuk memberikan stimulasi fisik yang tepat bagi anak-anak sehingga mereka dapat mengembangkan kemampuan motorik dan kebugaran jasmani mereka dengan optimal,” kata Dr. Pramono.
Rahayu Ashari, S.Pd., M.Pd, Kepala KB-TK LAB UM, sangat mendukung pengembangan permainan ini. Ia menilai bahwa permainan balance bike sangat relevan untuk kebutuhan fisik anak-anak di KB-TK LAB UM. “Dengan permainan ini, kami berharap anak-anak dapat lebih aktif dan sehat, serta mampu mengembangkan keterampilan motorik mereka dengan baik,” ujar Rahayu.
Sri Wahyuni, S.Pd, salah satu pengajar di KB-TK LAB UM, juga menyambut baik inisiatif ini. Menurutnya, integrasi aktivitas fisik dalam pembelajaran dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih holistik bagi anak-anak. “Anak-anak tidak hanya mengembangkan keterampilan kognitif, tetapi juga keterampilan motorik dan kebugaran jasmani mereka,” tambahnya.
Untuk memastikan implementasi yang efektif, tim peneliti juga menyelenggarakan pelatihan bagi para guru di KB-TK LAB UM. Pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mempraktikkan permainan balance bike kepada para guru agar dapat diterapkan dalam kegiatan sehari-hari. “Kami berharap para guru dapat memanfaatkan permainan ini dalam proses belajar mengajar, sehingga anak-anak dapat merasakan manfaatnya secara langsung,” kata Dr. Pramono. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam dunia pendidikan anak usia dini, khususnya dalam mengembangkan kebugaran jasmani anak-anak.