Mempelajari matematika sejak dini sangat penting untuk perkembangan kognitif anak. Namun, seringkali anak-anak usia 5-6 tahun merasa kesulitan dan jenuh dengan metode pembelajaran konvensional.  Sehingga metode pembelajaran menjadi tantangan bagi pendidik dalam mengajarkan konsep matematika dasar pada anak usia dini. Dalam hal ini salah satu mahasiswa Departemen PAUD Universitas Negeri Malang (UM) melakukan penelitian pengembangan sebuah alat permainan edukatif untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak.

Cindi Maulidiyah Ariyanti merupakan mahasiswa Departemen PAUD UM yang berhasil mengembangan sebuah alat permainan edukatif dan berhasil melakukan penelitiannya yang diberi judul “Pengembangan Alat Permainan Edukatif Smart Wheel untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun”. Cindi memaparkan hasil penelitiannya pada hari Jumat (9/8) di Gedung D6 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Hasil penelitian Cindi juga telah sukses dipresentasikan dengan baik dihadapan dosen penguji yaitu Ibu Dr. Eny Nur Aisyah, S.Pd.I. M.Pd serta dihadapan dosen pembimbing yaitu Bapak Dr. H. Ahmad Samawi, M.Hum dan Ibu Rosyi Damayani Twinsari M, M.Pd. Cindi menjelaskan bahwa “Permainan Smart Wheel adalah sebuah alat permainan berbentuk pohon apel dengan sistem spinner yang dirancang dengan perpaduan warna-warna menarik dan dilengkapi dengan angka, simbol matematika, serta gambar-gambar yang relevan dan dirancang secara khusus untuk merangsang daya ingat dan kemampuan berpikir logis anak usia dini, sehingga proses pembelajaran berhitung menjadi lebih interaktif dan tidak membosankan.”, jelas Cindi.

Selain itu, hasil penelitian yang dilakukan oleh Cindi menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan berhitung anak-anak yang menggunakan Smart Wheel. Keunggulan Smart Wheel terletak pada desain permainannya yang besar, desain yang aman dan ramah anak, kemudahan penggunaan permainannya, serta fleksibilitas dalam penerapan alat permainannya pada anak. Smart Wheel terbukti menjadi solusi yang efektif dan efisien dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun, sekaligus memberikan pengalaman belajar yang positif dan menyenangkan.

Dengan demikian, penelitian pengembangan alat permainan edukatif yang dilakukan oleh Cindi diharapkan dapat menginspirasi pengembangan alat-alat permainan edukatif lainnya yang dapat mendukung pembelajaran anak usia dini dan menginspirasi pendidik anak usia dini serta peneliti selanjutnya untuk mengembangkan yang lebih inovatif dan efektif untuk mendukung pembelajaran anak usia dini kedepannya. Dalam hal ini Departemen PAUD UM juga mendukung tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) ke- 4 yaitu pendidikan berkualitas.

Pewarta: FAM – Humas Departemen PAUD