Leni Gonadi., S.Pd., M.Pd., Ph.D (Can)

” PAUD FIP UM “

Leni Gonadi lahir pada 12 Oktober 1982, melalui perjalanan kecintaan dan bidang keilmuan yang ditekuni menghantarkan beliau pada tahun 2016 menjadi bagian dari Departemen Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Malang.

Bidang keilmuan Pendidikan Anak Usia Dini ditempa beliau melalui mengikuti pendidikan formal maupun nonformal. Kursus Guru Taman Kanak-kanak ditamatkan beliau pada tahun 2007 dengan predikat Lulusan Terbaik. Melanjutkan pendidikan Sarjana pada Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Malang ditamatkan beliau pada tahun 2013 dengan predikat Lulusan Terbaik. Keinginan dan tekad yang kuat mengantarkan beliau melanjutkan studi ke jenjang Magister pada Universitas Negeri Surabaya pada program studi yang yang sama yaitu Pendidikan Anak Usia Dini  yang ditempuh selama dua tahun dan diselesaikan dengan predikat cumlaude. Tidak hanya sampai disitu, dengan izin Tuhan, beliau diamanahkan untuk melanjutkan studi yang lebih tinggi yaitu jenjang Doktor pada Universiti Teknologi Malaysia.

Sepanjang pendidikan formal dan nonformal yang ditempuh, kecintaan terhadap Pendidikan Anak Usia dikuatkan dengan terjun langsung mengajar pada Kelompok Bermain, Taman Kanak-kanak  maupun Pos PAUD. Menjadi bagian dari KB TK Negeri Pembina sejak Tahun 2007 – 2013, disela-selanya mengajar Pos PAUD Kelurahan pada Tahun 2009 – 2010. Menjadi bagian dari PAUD Terpadu Pelita Hati sejak Tahun 2013 – 2015. Tidak sampai disitu beliau juga diamanahkan untuk memimpin sebuah lembaga Pendidikan Anak Usia Dini KB TK Kharisma sejak Tahun 2015 – 2016.

Berbekal pengalaman panjang akan kecintaan beliau terhadap Pendidikan Anak Usia Dini, beliau diamanahkan menjadi Tim Penilai Kelayakan Lembaga PAUD melalui BAN PAUD PNF sebagai Asesor pada tahun 2016 hingga saat ini.

Tidak hanya sampai disitu, kecintaan akan Pendidikan Anak Usia Dini ditorehkan beliau dengan mendirikan Yayasan Pendidikan yang menaungi PAUD Terpadu Miracle Kids yang beliau dirikan pada tahun 2017 dan tetap manjadi bagian kecintaan beliau pada Pendidikan Anak Usia Dini hingga nanti.

Leni Gonadi sebagai bagian dari Departeman Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Malang untuk menempa kemampuan akademik yang dimiliki memiliki minat yang kuat terhadap bidang Penelitian Pengembangan Profesional Guru Anak Usia Dini, Teknologi pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini, Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini dan Manajemen Kelembagaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Penelitian Pengembangan Profesional Guru Anak Usia Dini yang berfokus meningkatkan kompetensi Profesional Guru Anak Usia Dini melalui pengembangan program “Teacher Professional Development”, platform Sistem Informasi Berbasis Website bagi akses pengembangan profesional guru dan program-program pelatihan Diklat maupun Kursus bagi Guru Anak Usia Dini. Penelitian telah menghasilkan produk, artikel ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan dan memperoleh hak cipta untuk memberikan sumbangsih pada kemajuan kapasitas Profesional Guru Pendidikan Anak Usia Dini.

Penelitian Teknologi pada Pendidikan Anak Usia Dini berfokus untuk mengintegrasikan teknologi pada pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini baik sebagai Alat Teknologi, Media Interaktif dan Non Interaktif. Penelitian telah menghasilkan produk, artikel ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan dan memperoleh hak cipta untuk memberikan sumbangsih pada kemajuan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini.

Penelitian Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini menarik bagi beliau, sepanjang anak menempuh alur hidupnya perkembangan kognitif anak akan mengikuti. Pemberian stimulus yang benar dan sesuai tumbuh kembangnya menjadikan kemampuan kognitif anak berkembang dengan optimal, sehingga anak siap melanjutkan alur hidup selanjutnya. Penelitian telah menghasilkan kajian keilmuan berupa artikel ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan dan memberikan sumbangsih pada implikasi praktik pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini.

Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini menarik bagi beliau, rangkaian penelitian untuk memberikan landasan dalam praktik asesmen pada pendidikan anak usia dini sungguh menantang, keunikan tahap perkembangan anak usia dini mempengaruhi bagaimana seorang guru dalam memberikan narasi ketercapaian dan keberhasilan yang dicapai anak. Penelitian telah menghasilkan kajian keilmuan berupa artikel ilmiah dan produk yang dapat dipertanggungjawabkan dan memberikan sumbangsih pada implikasi praktik pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini.

Manajemen Kelembagaan Pendidikan Anak Usia Dini merupakan wujud implikasi dari perjalanan pengalaman panjang beliau dalam mengelola lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Menuangkan dalam tulisan akademik memberikan gairah akademik beliau tergugah untuk memberikan sumbangsih pada implikasi praktik manajemen kelembagaan terbaik bagi pendidikan anak usia dini.

Pada tugas pengajaran mengampu mata kuliah sesuai minat penelitian dan pengabdian yang ditekuni beliau. Amanah memberikan matakuliah pada mahasiswa yang terkait bidang keilmuan beliau, seperti; Manajemen Kelembagaan PAUD, Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini, Pengembangan Profesional Guru Anak Usia Dini.

Pada Mata Kuliah Manajemen Kelembagaan PAUD, mahasiswa diajak menelusuri kajian teori dan praktik kelembagaan PAUD baik dalam Negeri maupun luar Negeri melalui studi literatur dan studi lapangan.

Pada mata Kuliah Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, mahasiswa diajak untuk memahami kajian literatur dan menelaah praktik-praktik asesmen pendidikan anak usia dini serta mengkritisi dan memberikan solusi pemecahan masalah yang aplikatif bagi pelaksanaan asesmen pendidikan anak usia dini.