
Leni Gonadi., S.Pd., M.Pd., Ph.D (Can)
” PAUD FIP UM “
Leni Gonadi sebagai bagian dari Departeman Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Malang untuk menempa kemampuan akademik yang dimiliki memiliki minat yang kuat terhadap bidang Penelitian Pengembangan Profesional Guru Anak Usia Dini, Teknologi pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini, Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini dan Manajemen Kelembagaan Pendidikan Anak Usia Dini.
Penelitian Pengembangan Profesional Guru Anak Usia Dini yang berfokus meningkatkan kompetensi Profesional Guru Anak Usia Dini melalui pengembangan program “Teacher Professional Development”, platform Sistem Informasi Berbasis Website bagi akses pengembangan profesional guru dan program-program pelatihan Diklat maupun Kursus bagi Guru Anak Usia Dini. Penelitian telah menghasilkan produk, artikel ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan dan memperoleh hak cipta untuk memberikan sumbangsih pada kemajuan kapasitas Profesional Guru Pendidikan Anak Usia Dini.
Penelitian Teknologi pada Pendidikan Anak Usia Dini berfokus untuk mengintegrasikan teknologi pada pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini baik sebagai Alat Teknologi, Media Interaktif dan Non Interaktif. Penelitian telah menghasilkan produk, artikel ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan dan memperoleh hak cipta untuk memberikan sumbangsih pada kemajuan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini.
Penelitian Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini menarik bagi beliau, sepanjang anak menempuh alur hidupnya perkembangan kognitif anak akan mengikuti. Pemberian stimulus yang benar dan sesuai tumbuh kembangnya menjadikan kemampuan kognitif anak berkembang dengan optimal, sehingga anak siap melanjutkan alur hidup selanjutnya. Penelitian telah menghasilkan kajian keilmuan berupa artikel ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan dan memberikan sumbangsih pada implikasi praktik pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini.
Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini menarik bagi beliau, rangkaian penelitian untuk memberikan landasan dalam praktik asesmen pada pendidikan anak usia dini sungguh menantang, keunikan tahap perkembangan anak usia dini mempengaruhi bagaimana seorang guru dalam memberikan narasi ketercapaian dan keberhasilan yang dicapai anak. Penelitian telah menghasilkan kajian keilmuan berupa artikel ilmiah dan produk yang dapat dipertanggungjawabkan dan memberikan sumbangsih pada implikasi praktik pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini.
Manajemen Kelembagaan Pendidikan Anak Usia Dini merupakan wujud implikasi dari perjalanan pengalaman panjang beliau dalam mengelola lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Menuangkan dalam tulisan akademik memberikan gairah akademik beliau tergugah untuk memberikan sumbangsih pada implikasi praktik manajemen kelembagaan terbaik bagi pendidikan anak usia dini.
Pada tugas pengajaran mengampu mata kuliah sesuai minat penelitian dan pengabdian yang ditekuni beliau. Amanah memberikan matakuliah pada mahasiswa yang terkait bidang keilmuan beliau, seperti; Manajemen Kelembagaan PAUD, Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini, Pengembangan Profesional Guru Anak Usia Dini.
Pada Mata Kuliah Manajemen Kelembagaan PAUD, mahasiswa diajak menelusuri kajian teori dan praktik kelembagaan PAUD baik dalam Negeri maupun luar Negeri melalui studi literatur dan studi lapangan.
Pada mata Kuliah Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, mahasiswa diajak untuk memahami kajian literatur dan menelaah praktik-praktik asesmen pendidikan anak usia dini serta mengkritisi dan memberikan solusi pemecahan masalah yang aplikatif bagi pelaksanaan asesmen pendidikan anak usia dini.