
Rosyi Damayani Twinsari Maningtyas, M.Pd
“PAUD FIP UM”
Rosyi Damayani T Maningtyas adalah seorang akademisi yang lahir pada tanggal 9 Januari 1988 di Jember, Jawa Timur. Dengan latar belakang pendidikan yang kuat, ia telah mencapai berbagai prestasi yang mengesankan dalam perjalanan hidupnya. Setelah menyelesaikan gelar Sarjana (S1) di bidang Psikologi dari Universitas Negeri Malang, Rosyi melanjutkan pendidikannya dengan meraih gelar Magister (S2) di bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dari Universitas Negeri Jakarta.
Keahliannya dalam bidang PAUD membawa Rosyi menjadi seorang Dosen di Departemen PAUD di Universitas Negeri Malang, di mana ia berdedikasi untuk berkontribusi dalam pengembangan pendidikan anak-anak di Indonesia. Sebagai seorang dosen, Rosyi berusaha memberikan ilmu dan pengalaman yang berharga kepada para mahasiswa dan berperan aktif dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang inspiratif.
Di samping kiprahnya di dunia akademis, Rosyi juga telah mengukir prestasi-prestasi gemilang. Selama studi S1, ia berhasil meraih Awardee BRI Scholarship pada tahun 2008-2010, yang memberikan dukungan finansial untuk perjalanan studinya. Kemudian, pada tahun 2012 hingga 2014, ia menjadi Awardee Beasiswa Unggulan, yang menegaskan bahwa kegigihan dan prestasinya diakui di tingkat nasional.
Tidak hanya itu, semangatnya untuk terus belajar dan berkembang membawa Rosyi mengikuti Non Degree Training Microcredential Programme di Finlandia. Pengalaman ini memberinya wawasan internasional dan memperkaya pemahamannya tentang pendidikan secara global.
Kehidupan dan perjalanan akademis Rosyi Damayani T Maningtyas adalah bukti inspiratif tentang bagaimana tekad dan dedikasi yang kuat dapat membawa seseorang meraih prestasi dan memberikan kontribusi yang berarti bagi dunia pendidikan. Semangatnya untuk terus berkembang dan berinovasi di bidang PAUD terus mengilhami orang lain untuk mengikuti jejaknya dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
Rosyi Damayani T Maningtyas adalah seorang akademisi yang memiliki minat yang mendalam dalam penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang psikologi perkembangan dan pendidikan. Penelitian dan pengabdiannya berfokus pada berbagai aspek penting dalam tahap-tahap awal kehidupan anak, seperti kesiapan bersekolah, penguatan self-esteem, self-regulation, membangun resiliensi, dan adversity quotient sejak dini.
Dalam bidang kesiapan bersekolah, Rosyi berupaya untuk menyelidiki faktor-faktor yang berpengaruh pada kesuksesan anak-anak saat memasuki lingkungan pendidikan formal. Ia melakukan studi yang mendalam tentang bagaimana mempersiapkan anak-anak secara optimal agar siap menghadapi tantangan pembelajaran di sekolah.
Selain itu, dalam penelitiannya tentang penguatan self-esteem, Rosyi berfokus pada pentingnya membangun rasa percaya diri dan harga diri yang positif pada anak-anak. Pengalaman masa kecil yang positif dalam membangun self-esteem akan membawa dampak positif pada perkembangan psikologis anak hingga masa dewasa.
Di bidang self-regulation, Rosyi mengeksplorasi strategi dan pendekatan yang efektif untuk membantu anak-anak mengembangkan keterampilan pengaturan diri dan kontrol emosi. Hal ini menjadi penting dalam membentuk pola perilaku yang sehat dan menghadapi berbagai tantangan dalam kehidupan.
Rosyi juga berkomitmen dalam membangun resiliensi pada anak-anak, yakni kemampuan untuk mengatasi tekanan dan rintangan dengan baik. Penelitiannya dalam hal ini bertujuan untuk membantu anak-anak menghadapi perubahan dan situasi sulit dengan tangguh dan positif.
Selain itu, dalam menghadapi tantangan dan kegagalan, Rosyi juga tertarik untuk memahami sejauh mana adversity quotient (AQ) berperan dalam perkembangan anak. Pengabdiannya di bidang ini bertujuan untuk membangun ketangguhan mental anak-anak sehingga mereka dapat menghadapi berbagai cobaan dengan bijaksana.
Sebagai seorang dosen yang berdedikasi di bidang Pendidikan dan Psikologi, Rosyi Damayani T Maningtyas telah mengisi berbagai mata kuliah yang mencakup beragam topik penting dalam dunia akademik. Dengan semangatnya dalam berbagi pengetahuan dan pengalaman, Rosyi telah mengampu mata kuliah seperti Pengantar Ilmu Pendidikan (MKU), memberikan pemahaman yang kokoh tentang dasar-dasar pendidikan kepada mahasiswa.
Di mata kuliah Belajar Pembelajaran, Rosyi berperan sebagai fasilitator untuk membantu mahasiswa memahami proses belajar dan teknik-teknik pembelajaran yang efektif. Ia berusaha memberikan wawasan tentang strategi mengajar yang inovatif dan responsif terhadap kebutuhan siswa.
Selanjutnya, dalam mata kuliah Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini, Rosyi mendalami bagaimana mengembangkan kemampuan sosial dan emosional pada anak-anak usia dini. Ia berupaya mempersiapkan calon guru untuk menjadi fasilitator yang mampu menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan sosial dan emosional anak-anak.
Tak hanya itu, dalam Pengembangan Moral dan Agama Anak Usia Dini, Rosyi menyoroti pentingnya pendidikan moral dan agama pada tahap awal kehidupan anak. Mata kuliah ini mengajarkan mahasiswa untuk memahami nilai-nilai moral dan agama yang harus diajarkan dengan sensitivitas dan pengertian.
Sebagai seorang ahli dalam bidang Psikologi Pendidikan, Rosyi juga mengajar mata kuliah Psikologi Pendidikan. Dalam mata kuliah ini, ia membantu mahasiswa memahami bagaimana aspek psikologis mempengaruhi proses pembelajaran dan pengajaran di ruang kelas.
Rosyi juga memiliki keahlian dalam Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini (AUD), yang mengajarkan strategi dan pendekatan dalam mengajar bahasa Inggris kepada anak-anak usia dini secara menyenangkan dan menarik.
Terakhir, mata kuliah Statistik Pendidikan merupakan bagian penting dari kurikulum yang Rosyi ajar. Ia membantu mahasiswa menguasai metode analisis statistik yang relevan untuk mengolah data dan informasi dalam bidang pendidikan.
Melalui berbagai mata kuliah yang diajarkannya, Rosyi Damayani T Maningtyas berusaha memberikan pengalaman belajar yang bermanfaat dan inspiratif bagi para mahasiswanya. Semangatnya dalam mengajar dan berbagi pengetahuan telah memberikan dampak positif dalam mempersiapkan generasi muda yang kompeten dan berkualitas di dunia pendidikan.