RESENSI BUKU 1: PENGEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA DINI

Jpeg   Buku Bahan Ajar Pengembangan Sosial Emosional untuk Anak Usia Dini ini disusun untuk mengorganisasikan pengalaman belajar mahasiswa secara luas dan mendalam, sehingga memiliki pengalaman yang utuh tentang strategi pengembangan sosial-emosional anak. Oleh karena itu, buku ini didesain dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Mahasiswa mengeksplorasi topik-topik bahasan melalui belajar mandiri, diskusi kelompok, presentasi dengan berbagai cara dan didukung oleh penguatan materi. Di samping itu pada masing-masing bab diakhiri dengan tugas-tugas pengayaan. Secara ringkas pola sajian pada masing-masing bab meliputi latar belakang, eksplorasi tujuan, alur kegiatan, bahan diskusi, bahan/materi penguatan dan tugas-tugas pengayaan.

    Substansi materi dan pengalaman belajar yang disajikan dalam buku ini meliputi, (1) Pendahuluan; (2) Konsep dasar Perkembangan Emosional; (3) Konsep Dasar Perkembangan Sosial; (4) Karakteristik Perkembangan Sosial dan Emosional Anak; (5) Keterkaitan Perkembangan Sosial Emosional dengan Fisik, Mental dan Psikologis Anak; (6) Keterkaitan Sosial-Emosional Anak dengan Aktivitas dan Kehidupannya; (7) Pentingnya Pengembangan Sosia-Emosional pada Anak Sejak Usia Dini; (8) Pengembangan Kecerdasan Sosial-Emosional Anak; (9) Peran Pematangan dan Belajar pada Perkembangan Sosial-Emosional Anak; (10) Strategi Pengembangan Sosio-Emosional Anak Usia Dini.

    Buku setebal 103 halaman ini disusun oleh I Wayan Sutama dan Eny Nur Aisyah, diperuntukkan bagi mahasiswa S1 PGPAUD dan praktisi yang sesuai. Buku ini diterbitkan oleh UM PRESS, tahun 2015. Dengan pola sajian yang unik seperti ini, dosen PGPAUD dapat menyampaikan pembelajaran secara online, dengan mengunggah bagian-perbagian dengan alur yang sudah dikemas secara rapi dan sangat menantang mahasiswa untuk menemukan sendiri materi yang sedang dan/atau akan dikaji. Sajian dalam buku ini juga mendorong mahasiswa untuk menjadi inisiator-inisiator dalam setiap awal perkuliahan sehari-hari. Dengan demikian, mahasiswa senantiasa aktif sejak awal sampai akhir perkuliahan. Bagi Anda yang ingin mendapatkan buku ini, tersedia di Enterpreneurship Zone PGPAUD, kampus PP 2 Sawojajar. Be smart with ECE (kalab ksdp).

author
129 Responses

Comments are closed.