RESENSI BUKU 3: PEMBELAJARAN TEMATIK

61041 views

Pembelajaran tematik merupakan salah satu model pembelajaran terpadu. Penerapan pembelajaran tematik adalah agar anak dapat memahami sesuatu secara utuh/holistik dalam konteks yang relevan. Hal ini diJpeglatarbelakangi oleh adanya pemahaman yang parsial terhadap sesuatu dalam kehidupan ini, sehingga anak berfikir dari sudut pandangnya sendiri tanpa mempertimbangkan pertimbangan orang lain. Hal ini menjadikan anak memiliki tingkat egoisme yang tinggi.

Calon pendidik dan pendidik anak usia dini perlu memahami konsep dasar pembelajaran tematik agar nantinya bisa menerapkan dalam pembelajaran anak usia dini. Untuk mendukung hal tersebut, Wuri Astuti sebagai dosen PGPAUD, FIP Universitas Negeri Malang telah menyusun buku Pembelajaran Tematik. Buku setebal 126 halaman ini menyajikan konsep dasar dan petunjuk praktis dalam menyusun dan melaksanakan pembelajaran tematik pada lembaga pendidikan anak usia dini. Buku ini dikemas menjadi 3 bagian utama, yakni (1) Konsep dasar dan Model-model Pembelajaran Terpadu, (2) Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini dan (3) Implementasi Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini.

Pada bagian pertama, pembaca akan diajak untuk mengkaji konsep dasar pembelajaran terpadu dengan lingkup kajian meliputi pengertian, landasan, karakteristik dan prinsip-prinsip pembelajaran terpadu. Selain itu pada bagian ini juga dikaji juga tentang model-model pembelajaran terpadu. Ada 10 model yang disajikan yaitu model terpisah, terkait, tersarang, terurut, terbagi, terjaring, tertali, terpadu, tercelup dan jaringan.

Pada bagian kedua, pembaca diajak untuk mengkaji konsep dasar pendidikan anak usia dini. Pada bagian ini dikemas menjadi 2 kegiatan belajar, yang berfokus pada kajian tentang pendidikan anak usia dini (pengertian, karakteristik dan prinsip-prinsip pendidikan anak usia dini) dan pembelajaran anak usia dini dengan cakupan sebagai berikut. (1) Pembelajaran merupakan proses bermain. (2) Belajar Kecakapan/Keterampilan Hidup. (3) Belajar dari Benda Kongkrit. (4) Belajar Terpadu. (5) Pembelajaran Pakem. (6) Prinsip Pembelajaran Anak Usia Dini.

Pada bagian ketiga, penulis mengajak pembaca untuk mengkaji mengenai implementasi pembelajaran tematik bagi anak usia dini. Bagian ketiga ini juga dikemas menjadi 2 kegiatan belajar, yaitu hakikat pembelajaran tematik dan implementasi pembelajaran tematik. Kajian mengenai hakikat pembelajaran tematik meliputi pengertian, landasan, urgensi dan karakteristik pembelajaran tematik. Sementara kajian mengenai implementasi pembelajaran tematik meliputi implikasi, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, prosedur penilaian, contoh pengembangan dan contoh pembelajaran tematik di TK.

Buku yang diterbitkan oleh UM PRESS tahun 2015, diharapkan mampu memberikan petunjuk praktis bagi pendidik dan mahasiswa calon pendidik PAUD dalam mengembangkan pembelajaran tematik untuk anak usia dini. Bagi pembaca yang ingin mendapatkan buku ini, bisa menghubungi Enterpreneurship Zone PGPAUD, kampus PP 2 FIP UM. Be Smart with ECE. (kalab ksdp)

author
28 Responses

Comments are closed.