PROSIDING : PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN SENI TARI BERBASIS BUDAYA LOKAL

Retno Tri Wulandari

PG PAUD FIP Universitas Negeri Malang, Jl.Semarang 5 Malang

email: retno_um@yahoo.co.id

 

Abstrak: Penulisan bertujuan untuk menguraikan secara teoritis pengembangan sikap kreatif anak usia dini melalui pendidikan seni tari, berdasarkan teori kreatifitas dan teori pendidikan seni untuk usia dini. Seni tari dalam hal ini berfungsi sebagai media pendidikan untuk menstimulasi aspek perkembangan anak, karena dalam kegiatan berkesenian untuk anak usia dini diperoleh nilai edukatif yang diperlukan dalam proses pertumbuhannya. Pada hakikatnya konsep seni untuk anak berbeda dengan konsep seni untuk orang dewasa, pembelajaran seni tari berperan untuk membentuk perilaku dan kemampuan dasar anak usia dini, dari segi agama, moral, sosial emosional, untuk mengembangkan sikap kreatif, intelektual, bahasa, fisik motorik, kognitif dan estetika anak. Proses berkesenian untuk anak usia dini dapat memanfaatkan budaya lokal yang berkembang disekitar lingkungan anak sebagai bentuk pemaksimalan media sekitar dan pengenalan seni budaya bangsa.

Kata kunci: pembelajaran seni tari, sikap kreatif, budaya lokal

PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN SENI TARI BERBASIS BUDAYA LOKALĀ (PDF)

author
No Response

Leave a reply "PROSIDING : PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN SENI TARI BERBASIS BUDAYA LOKAL"