PENGEMBANGAN PAYUNG PENELITIAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI UNIVERSITAS NEGERI MALANG

PENGEMBANGAN PAYUNG PENELITIAN PROGRAM STUDI

PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Retno Tri Wulandari

Wuri Astuti

PG PAUD FIP Universitas Negeri Malang, Jl.Semarang 5 Malang

Email: retno_um@yahoo.co.id

 

Abstrack: The purpose of this research is to develop a research the umbrella of PGPAUD Prodi. This study provides an umbrella theme of research studies that are tailored to the concept of early childhood education and relevant theory of early childhood education. Research using a design research and development that refers to two models, namely (1) Research and Development Stages (R & D) developed Krajewski and Ritzman, and (2) Research and Development Diffusion (R, D & D) developed Havelock, consists of ten steps development. Data collection techniques using documentation studies, literature studies, and questionnaires. The data analysis technique used in this study using descriptive statistical analysis. The results indicate that the development of the product development is quite appropriate and fit for use as a guide to conduct research in the science of early childhood development, so it does not require a revision of product development.

Keyword: umbrella research, courses early childhood education

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan payung penelitian Prodi PGPAUD. Payung penelitian ini berisi tema kajian penelitian yang disesuaikan dengan konsep pendidikan anak usia dini dan teori pendidikan anak usia dini yang relevan. Penelitian menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan yang merujuk pada dua model, yakni (1) Research and Development Stages (R&D) yang dikembangkan Krajewski dan Ritzman, serta (2) Research and Development Diffusion (R,D&D) yang dikembangkan Havelock, terdiri dari sepuluh langkah pengembangan. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi, studi pustaka, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa produk pengembangan sudah cukup tepat dan layak digunakan sebagai pedoman untuk melaksanakan penelitian dalam pengembangan keilmuan PAUD, sehingga tidak memerlukan revisi produk pengembangan.

Kata Kunci: payung penelitian, program studi pendidikan anak usia dini

ABSTRAK PENGEMBANGAN PAYUNG PENELITIAN PROGRAM STUDI PGPAUD

author
No Response

Leave a reply "PENGEMBANGAN PAYUNG PENELITIAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI UNIVERSITAS NEGERI MALANG"