Malang, 28 Mei 2024 – Departemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Universitas Negeri Malang (UM) hari ini menggelar ujian skripsi yang diikuti oleh mahasiswa bernama Zahraa Febria Salsabila. Ujian ini merupakan salah satu tahap akhir dalam proses akademik untuk memperoleh gelar sarjana.

Zahraa Febria Salsabila menyajikan penelitian dengan judul “Akulturasi Budaya Asuh Orang Tua Pendatang (Studi Kasus Kampung Qoryah Sakinah Kota Malang)”. Penelitian ini menarik perhatian karena mengkaji dinamika budaya asuh yang terjadi di kalangan komunitas pendatang di Kampung Qoryah Sakinah, yang dikenal sebagai wilayah dengan keberagaman etnis dan budaya yang tinggi.

Dewan penguji dalam ujian skripsi ini terdiri dari tiga dosen ahli, yaitu Drs. Thomas Iriyanto, S.Pd., M.Pd., Dr. Yudithia Dian Putra, M. Pd., M.M., dan Rosyi Damayani Twinsari Maningtyas, S.Pd., M.Pd. Ketiga dosen ini dikenal memiliki kompetensi dan pengalaman yang luas di bidang pendidikan anak usia dini dan studi budaya, sehingga diharapkan dapat memberikan masukan konstruktif bagi penelitian Zahraa.

Dalam paparannya, Zahraa menjelaskan bahwa penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana proses akulturasi budaya asuh terjadi di kalangan orang tua pendatang di Kampung Qoryah Sakinah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif, yang melibatkan wawancara mendalam dan observasi partisipatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya perpaduan antara praktik budaya asuh tradisional dan pengaruh budaya lokal, yang menciptakan sebuah pola asuh hibrida yang unik dan adaptif.

“Penelitian ini penting untuk memberikan pemahaman lebih dalam tentang bagaimana komunitas pendatang mampu beradaptasi dengan lingkungan baru melalui pola asuh yang mereka terapkan. Temuan ini dapat menjadi acuan bagi kebijakan pendidikan dan sosial untuk mendukung integrasi budaya yang harmonis,” ujar Zahraa dalam penutup presentasinya.

Setelah sesi presentasi dan tanya jawab, dewan penguji memberikan apresiasi atas kerja keras dan kedalaman analisis yang dilakukan oleh Zahraa. Mereka juga memberikan beberapa saran untuk pengembangan lebih lanjut dari penelitian ini. Keputusan akhir dari ujian ini akan diumumkan setelah seluruh proses ujian skripsi di Departemen PAUD selesai.

Dengan terselenggaranya ujian skripsi ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan bagi perkembangan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan anak usia dini dan studi budaya. Departemen PAUD Universitas Negeri Malang terus berkomitmen untuk mencetak lulusan yang kompeten dan berwawasan luas, siap berkontribusi bagi masyarakat dan dunia pendidikan.