PROSIDING : PENGEMBANGAN METODE PENGENALAN DAN PEMAHAMAN NILAI NADA MUSIK KEPADA ANAK USIA TAMAN KANAK-KANAK

Suryadi
Retno Tri Wulandari
Wuri Astuti
PG PAUD FIP Universitas Negeri Malang

Abstrak: Berdasarkan analisis situasi yang ada, maka diusulkan penelitian yang bertujuan agar menghasilkan sebuah metode yang tepat dalam rangka mempermudah anak untuk mengenal dan memahami nilai nada musik sehingga dapat meningkatkan efektifitas dan kualitas belajar anak sebagai bagian dari upaya pengembangan kecerdasan musikal guna mewujudkan kecerdasan majemuk pada anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan mengacu pada teori Borg and Gall (1983:775) dari langkah 1-7, dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif berupa kuisioner dalam pengumpulan datanya yang dianalisis secara deskriptif persentase dan berdasarkan evaluasi para ahli untuk uji produk. Hasil dari penelitian ini berupa sebuah metode baru yang layak digunakan dan dapat mempermudah anak dalam memahami nilai nada musik yang dikenalkan oleh guru. Hal tersebut lebih kongkrit ketika anak: a) dapat dengan mudah mengenal gambar notasi balok yang diberikan, b) dapat memahami makna dari masing-masing gambar notasi balok yang mewakili nilai nada tertentu, c) dapat merespon makna gambar-gambar notasi balok yang masing-masing mewakili simbol nilai nada tertentu dengan aktivitas meloncat, berjalan, berjalan cepat, dan berlari, dan d) dapat menunjukkan gambar-gambar notasi yang nilainya diperagakan dengan aktivitas meloncat, berjalan, berjalan cepat, dan berlari.
Kata kunci : nilai nada musik

 

Pengembangan Metode Pengenalan Dan Pemahaman Nilai Nada Musik Kepada Anak Usia Taman Kanak Kanak:(PDF)

author
No Response

Leave a reply "PROSIDING : PENGEMBANGAN METODE PENGENALAN DAN PEMAHAMAN NILAI NADA MUSIK KEPADA ANAK USIA TAMAN KANAK-KANAK"