FORUM DOSEN

Viewing 6 posts - 1 through 6 (of 6 total)
  • Author
    Posts
  • #1127

    webfipum
    Keymaster

    Kekerasan seksual terhadap anak juga dilakukan oleh anak seusia sekolah dasar. Sebuah fenomena yang mengerikan. Apakah yang salah dari negeri ini? Pertama, lunturnya internalisasi nilai dan budaya pada masyarakat bangsa ini. Anak usia dini semakin jauh dari tata nilai dan budaya asli bangsa Indonesia. Anak lebih dekat dengan game-game online, yang isinya jauh dari ukuran nilai dan norma bangsa Indonesia. Kedua, terjadi toleransi yang berlebihan terhadap pelanggaran etika, nilai dan norma. Orang tua terbiasa memberi contoh perilaku yang menyimpang, misalnya dalam berkendara di jalan raya. Tanpa helm, melanggar rambu lalu lintas sampai berkendara berlawanan arah demi segera sampai di sekolah anaknya. Ketiga, terjangan arus informasi yang tidak terbendung dan tidak ada sensor dari media masa. Keempat, sikap munafik dari para tokoh bangsa ini. Para tokoh idola anak sering menampilkan performansi yang beda antara pikiran, perkataan dan perbuatannya. Mungkin masih banyak lagi hal-hal yang kurang mendidik yang tersajikan kepada anak generasi bangsa ini.

    Oleh karena itu, sebagai pendidik, tokoh masyarakat, orang tua melakukan refleksi diri. Sudahkah kita memberi contoh yang etis, santun, bermoral dan berakhlak mulia? Kedua, mari kita hentikan merongrong budaya bangsa ini dengan budaya-budaya luar. Ketiga, sudah semestinya kita mencari sosok utuh ilmu mendidik yang berbasis pada sosio-kultural bangsa Indonesia. Pergerakan dari ilmu mendidik behaviorisme, nativisme, naturalisme, konstruktivisme yang sebenarnya impor dari luar telah berdampak kurang sesuai bagi bangsa ini. Kepedulian anak hilang terhadap lingkungannya (sosial maupun fisik). Belajar dari hal tersebut, patut kita tumbuhkan ilmu mendidik yang berbasis pada nilai budaya dan agama yang sesuai dengan kultur bangsa Indonesia. Hal ini bukan berarti mengebiri anak hidup di era globalisasi dan nano, tetapi tumbuh berdasarkan tata nilai dan budaya yang menjadikan anak emas bangsa Indonesia. Selamat merenungkan, dan ini adalah sekedar pancingan untuk berwacana dan melakukan evaluasi diri. (wayansutama)

    #1205

    Eny Aisyah
    Moderator

    Ayo2 kumpul merapaat di forum

    #1206

    I wayan Sutama
    Moderator

    ayo contak teman2 agar gabung.

    #1208

    I wayan Sutama
    Moderator

    dalam rangka kebangkitan nasional, mahasiswa di sekitar jakarta berencana untuk demo besar-besaran, dan salah satu agendanya adalah menggulingkan presiden dan wakilnya. kalau menurut saya itu bukan makna dari kebangkitan nasional tetapi keterpurukan nasional. kalau semua bangkit bikin ribut, membangunnya kapan? ingat DPR menjadi lembaga yang paling tidak disukai gara-gara semua bangkit memperjuangkan nasibnya sendiri dan kelompok-kelompoknya. bagaimana dengan dosen, apakah ikut demo besar-besaran menanyakan hak cutinya? jawabannya adalah tidak, tidak usah demo cukup menggunakan hak bertanya. he he kayak DPR aja.

    #1213

    I wayan Sutama
    Moderator

    ada beberapa kegiatan yang sudah menguras tenaga Bapak dan Ibu dosen PGPAUD. (1) menyelesaikan kurikulum mengacu KKNI; (2) menyusun proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. sehubungan dengan hal tersebut, ofisial jurusan dan prodi mengucapkan terima kasih atas partisipasi Bapak dan Ibu.
    Tantangan berikutnya adalah menyiapkan akreditasi prodi, dan menghidupkan kembali jurnal PAUD kebanggaan kita. semoga partisipasi Bapak dan Ibu tetap terjaga dan mari berkreasi demi kejayaan PGPAUD. terima kasih. ttd. kepala lab jurusan KSDP.

    #1222

    I wayan Sutama
    Moderator

    langkah awal penyiapan akreditasi prodi PGPAUD kembali digelar melalui rapat persiapan akreditasi di ruang rapat FIP UM. Pada kesempatan itu Dekan FIP mengarahkan agar prodi mengajukan borang akreditasi bulan Desember 2015. Akan tetapi sebelum dikirim ke BANPT, borang akan dievaluasi secara internal di UM. oleh karena itu, mari kita kuatkan tekad dan satukan langkah serta merapatkan barisan untuk kesuksesan prodi PGPAUD memperoleh nilai akreditasi A. by the way, semua dosen diharapkan meluangkan waktunya untuk menyiapkan segala keperluan akreditasi. bagaimana siap? be smart with ECE. (kalab jurusan KSDP)

Viewing 6 posts - 1 through 6 (of 6 total)

You must be logged in to reply to this topic.