Malang, 23 Mei 2024 – Dr. Pramono, S.Pd, M.Or, dosen dari Departemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Universitas Negeri Malang, diundang sebagai narasumber dalam acara pertemuan Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) Tunas Bangsa. Acara ini berlangsung di Balai RW 09, Kelurahan Belimbing, Kota Malang, dan dihadiri oleh para orang tua dan pendidik yang antusias.

Kegiatan ini mengusung dua tema utama: “Stimulasi Gerakan Kasar dan Gerakan Halus” serta “Komunikasi Aktif, Komunikasi Pasif, dan Kecerdasan.” Dr. Pramono menyampaikan tiga materi yang sangat relevan dengan perkembangan anak usia dini, memberikan wawasan mendalam kepada para peserta mengenai cara mendukung perkembangan anak secara optimal.

Materi pertama yang disampaikan oleh Dr. Pramono adalah “Perkembangan Komunikasi Aktif dan Pasif pada Anak Usia 0-5 Tahun.” Ia menjelaskan pentingnya stimulasi komunikasi sejak dini dan bagaimana hal ini berpengaruh signifikan terhadap perkembangan sosial dan kognitif anak. Dr. Pramono juga memberikan contoh praktis tentang bagaimana orang tua dapat meningkatkan kemampuan komunikasi anak melalui interaksi sehari-hari.

Materi kedua yang dibawakan adalah “Implementasi Permainan Kartu Kreatif sebagai Media Belajar Aktivitas Gerak.” Dalam sesi ini, Dr. Pramono memaparkan bahwa permainan kartu kreatif bisa menjadi alat pembelajaran yang efektif. Permainan ini tidak hanya menghibur tetapi juga merangsang aktivitas fisik dan mental anak, membantu mereka dalam mengembangkan keterampilan motorik dan kognitif.

Dalam materi ketiga, Dr. Pramono membahas “Pengembangan Permainan Fisik Motorik untuk Anak Usia Dini.” Ia menekankan pentingnya aktivitas fisik dalam mendukung perkembangan motorik kasar dan halus anak. Dr. Pramono memberikan contoh-contoh permainan fisik yang sederhana namun efektif yang dapat dilakukan di rumah, membantu anak mengembangkan keterampilan motoriknya secara optimal.

Peserta yang hadir sangat antusias mengikuti setiap sesi yang disampaikan oleh Dr. Pramono. Mereka merasa materi yang disampaikan sangat bermanfaat dan aplikatif, memberikan wawasan baru serta solusi praktis bagi orang tua dalam mendukung perkembangan anak-anak mereka. Banyak peserta yang merasa lebih siap dan percaya diri dalam menerapkan tips yang diberikan di kehidupan sehari-hari.

Kegiatan ini juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk bertanya dan berdiskusi. Dalam sesi tanya jawab, Dr. Pramono dengan sabar menjawab setiap pertanyaan dari para peserta, memberikan solusi konkret dan tips praktis untuk mengatasi berbagai tantangan dalam mendidik anak. Interaksi yang hangat dan informatif ini sangat diapresiasi oleh para peserta.

Pertemuan Sekolah Orang Tua Hebat SOTH Tunas Bangsa ini menunjukkan komitmen Universitas Negeri Malang dalam mendukung pendidikan anak usia dini di Kota Malang. Kehadiran Dr. Pramono sebagai narasumber memperkuat kontribusi universitas dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pengasuhan anak usia dini di masyarakat. Dengan acara seperti ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat, khususnya dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini.